ANIMASI

Kompetensi Keahlian Animasi

Kompetensi keahlian Animasi merupakan salah satu program pendidikan di SMK pada Program Keahlian Seni Rupa, hal ini berdasarkan pada Spektrum SMK Tahun 2013.

Sekretaris Jenderal Departemen Perindustrian Agus Tjahajana mengemukakan dalam acara pemaparan kinerja industri, bahwa Industri kreatif, informasi dan komunikasi telah ditetapkan sebagai industri prioritas, khususnya industri animasi.

Maraknya perusahaan dalam bidang periklanan baik di TV maupun Internet serta industri pembuat permainan atau game development menuntut kemampuan pengembangan kreatifitas di bidang desain baik model maupun Animasi.

Melalui Program ini SMK TERPADU 1 YASPIDA menyiapkan calon tamatan menjadi seorang Animator baik desain 2D maupun 3D tingkat madya professional.

 

STRUKTUR KURIKULUM

ANIMASI

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah

Nomor           : 1464/D3.3/KEP/KP/2014

Tanggal         : 16 Juni 2014

 

STRUKTUR KURIKULUM SMK/MAK

BIDANG KEAHLIAN            : SENI RUPA DAN KRIYA

PROGRAM KEAHLIAN                   : SENI RUPA

KOMPETENSI KEAHLIAN      : ANIMASI

 

MATA PELAJARAN KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
Kelompok A (Wajib) *)
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4 4 4 4
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 2 2 2 2 2 2
6 Bahasa Inggris 2 2 2 2 2 2
Kelompok B (Wajib) *)
7 Seni Budaya 2 2 2 2 2 2
8 Prakarya dan Kewirausahaan 2 2 2 2 2 2
9 Pendidikan Jasmani, Olah Raga &Kesehatan 3 3 3 3 3 3
Kelompok C (Peminatan)
C1. Dasar Bidang Keahlian *)
10 Dasar-dasar Desain 2 2 2 2
11 Pengetahuan Bahan 2 2 2 2
C2. Dasar Program Keahlian
12 Simulasi Digital 3 3
13 Wawasan Seni dan Desain 4 4
14 Gambar dan Sketsa 13 13
C3. Paket Keahlian
Animasi
15 Videography 5 5 3 3
16 Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi 10 10 10 10
17 Digital Animasi 5 5 5 5
18 Game Edukasi 3 3
TOTAL 48 48 48 48 48 48

 

*) sesuai Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013

Leave a comment