Kegiatan-kegiatan Umum

KEGIATAN-KEGIATAN UMUM

 

  1. A.      Bentuk Kegiatan yang Ada di SMK Terpadu I YASPIDA
    1. Kegiatan Harian dan Mingguan

–         Sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai seluruh siswa diharuskan melakukan tadarus dan shalat dhuha bersama.

–         Untuk hari jum’at seluruh siswa laki-laki, guru dan karyawan diwajibkan melakukan shalat jum’at di Mesjid Nurul Fitrah YASPIDA

  1. Kegiatan Bulanan

–         Melakukan  evaluasi terhadap kinerja guru dan karyawan dengan melaksanakan  rapat.

–         Melaksanakan evaluasi terhadap siswa atas pembelajaran dengan melakukan ulangan/ ujian oleh guru bidang diklat masing-masing.

  1. Kegiatan Tahunan

–         Melaksanakan acara keagamaan misalnya: halal bihalal di hari raya Idul Fitri

–         Melaksanakan qurban di hari raya Idul Adha

–         Melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW

–         Melaksanakan Ziarah ke makam Wali Songo

–         Gebyar YASPIDA

–         YASPIDA Cup

–         Dan kegiatan lainnya.

  1. B.      Kegiatan Pelaksanaan Ujian

Ujian Sebagai sarana evaluasi selama siswa mengikuti pelajaran di sekolah dengan mengikuti program pemerintah serta prosedur dari Dinas Pendidikan Nasional dalam bentuk Ujian Tengah Semester/ Mid Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Kompetensi (UJIKOM), Ujian Nasional (UN), dan Ujian Sekolah (US).

  1. Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian Tengah Semester/ mid semester diselenggarakan pertengahan semester atau minggu ke-10  yang pelaksanaannya dikoordinir oleh POKJA Ujian, hasil ujian tengah semester merupakan satu komponen nilai akhir semester yang mempunyai bobot 30%-40% tergantung guru bidang diklatnya.

  1. Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian akhir semester diselenggarakan pada minggu ke-20 atau akhir pembelajaran semester, yang pelaksanaannya dikoordinir oleh POKJA atau panitia ujian, hasil UAS merupakan salah satu nilai komponen nilai akhir semester yang mempunyai bobot berkisar 30% – 40%, tergantung guru bidang diklatnya.

Dan untuk penilaian siswa, guru bidang diklat masing-masing disamping dari nilai ujian, guru tersebut melihat dari ulangan harian, akhlak, moralitas, serta kehadiran siswa tersebut.

  1. Uji Kompetensi

Uji kompetensi adalah ujian bagi kelas XII sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian nasional, pelaksanannya dilakukan sebelum ujian nasional, uji kompetensi ini suatu evaluasi siswa dari kelas X sampai dengan kelas XII, dengan mata diklat produktif sesuai dengan program keahlian masing-masing.

  1. Ujian Praktik

Ujian praktik juga adalah ujian bagi kelas XII sebagai salah satu syarat untuk menyelesesaikan pembelajaran di kelas XII, pelaksanaannya dilakukan setelah ujian nasional atau sebelum ujian nasional.

  1. Ujian Nasional

Ujian Nasional adalah ujian akhir bagi kelas XII yang diselenggarakan oleh pemerintah secara bersamaan dan dikoordinir oleh POKJA SMKT 1 YASPIDA.

  1. Ujian Sekolah

Ujian Sekolah adalah ujian bagi kelas XII yang dilaksanakan setelah ujian nasional yang pelaksanaannya dikoordinir oleh POKJA dengan mata diklat yang tidak ada diujian nasional dan soal-soal dari guru bidang diklat masing-masing.

  1. C.      Kegiatan Organisasi Siswa
    1. OSIS

OSIS adalah suatu organisasi yang ada di sekolah, dikoordinir oleh kesiswaan dan dibawah naungan kepala sekolah.

  1. PASPAMDA

Suatu organisasi yang ada di YASPIDA yaitu suatu pasukan pengamanan di YASPIDA dan dibawah naungan Ketua Dewan Pembina Yayasan Sosial dan Pendidikan Darussyifa al-Fitrat.

  1. PASGARRDA

Suatu organisasi yang ada di YASPIDA yaitu Pasukan Gerakan Raider Responsif YASPIDA dan dibawah naungan Ketua Dewan Pembina Yayasan Sosial dan Pendidikan Darussyifa al-Fitrat.

  1. Unit-unit Olah Raga

Adalah unit yang menampung berbagai bidang olah raga, diantara olah raga yang dikembangkan di SMK Terpadu 1 YASPIDA adalah:

  1. Sepak Bola
  2. Sepak Bola Mini
  3. Futsal
  4. Bola Basket
  5. Bola Volly
  6. Tenis Meja
  7. Bulu Tangkis
  8. Bela Diri
  9. Senam Santri

Leave a comment